Bagaimana mengamankan data Anda ?


Komputer telah memasuki hampir seluruh kehidupan kita. Tanpa sadar sekarang semua handphone telah menjadi smartphone. Dan hampir semua orang yang telah menggunakan smartphone memiliki email. Dan semua email ini umumnya tersimpan dalam server email publik, seperti gmail. Maka sekarang pertanyaannya, apakah data yang kita simpan di media publik itu aman ?
Tergantung dari informasi dan data yang kita simpan dalam media server publik, seperti gmail, drive, dropbox, serta beragam website yang mengijinkan kita menyimpan data kita di tempat mereka, tentu yang pertama kita harus memilah mana data yang sensitif (penting untuk kita jaga) dan data yang sifatnnya umum. 
Data yang sensifit, baik dalam bentuk file, tulisan dapat kita simpan dalam bentuk enkripsi. Bila kita menggunakan aplikasi office, umumnya tersedia fitur password. Sehingga tidak semua file yang kita buat dapat dibuka dan diakses oleh sembarangan orang. File yang diproteksi dengan password umumnya memiliki metode enkripsi tertentu, sehingga tidak bisa dibuka dengan mudah. 
Berikutnya adalah memastikan komputer, tablet ataupun smartphone yang kita gunakan aman dari virus, terutama virus malware. Virus sejenis ini tanpa sadar bisa terpasang dari email yang kita buka. Oleh karena itu pastikan kita tidak membuka email sembarangan, karena mereka bisa mengaktifkan halaman tertentu dan memasang malware di perangkat kita. Dengan memasang software anti virus, maka kemungkinan terkena serangan virus dan terutama yang mengambil data kita dapat kita minimalisir.
Pastikan system operasi yang kita gunakan adalah yang terbaru. Meskipun sekarang ini, harga system operasi menjadi mahal, tetapi sangat penting menggunakan system operasi dengan update terbaru. Dengan update terbaru, tidak hanya support terhadap jenis hardware, software tetapi juga terhadap kemungkinan adanya penyusupan pengambilan data melalui system operasi. 
Aktifkan firewall di perangkat kita. Terutama bagi pengguna system operasi Windows, firewall adalah sangat penting. Hampir dipastikan semua komputer kita adalah komputer yang terkoneksi ke jaringan, sehingga semua file akan masuk melalui media jaringan yang ada. Dengan mengaktifkan firewall, maka kemungkinan terjadinya akses data dan file yang tidak seharusnya dapat dikontrol.
Bagi para pencari koneksi Wifi gratis, tentu harus extra hati-hati. Beragam virus dan malware siap masuk ke perangkat kita pada saat kita terkoneksi ke jaringan. Apabila kita memancarkan akses wifi untuk perangkat kita, pastikan kita memasang password, sehingga tidak semua perangkat lain bisa terkoneksi.
Bagi komputer yang sudah tidak digunakan, umumnya tersedia fitur 'sleep'. Sarannya tentu lebih baik dimatikan (shutdown), sehingga memastikan benar-benar tidak ada koneksi pada saat komputer tidak digunakan. 
Melakukan backup data secara periodik tentu sangat dianjurkan. Apabila kita bekerja dengan komputer, pastikan minimal satu bulan sekali kita melakukan backup data kita ke media lain, seperti harddisk eksternal. Sedangkan apabila harddisk eksternal akan dibuang atau diganti, pastikan kita melakukan magnetisasi dan merusak cakram disc harddisk agar tidak digunakan dan diakses sembarangan. Apabila membackup menggunakan media DVD, pastikan apabila dibuang, kita telah merusak permukaan DVD sehingga tidak bisa dibaca sembarangan.
Berikutnya adalah memastikan penggunaan fitur backup di media cloud.  Semakin banyak website yang menyediakan file-sharing untuk digunakan sebagai media penyimpanan secara cloud. Sebut saja Google Drive, Dropbox, serta Box yang memiliki banyak pengguna. Kita bisa memaksimalkan kemampuan ini dengan memastikan memasang fitur Sync agar dapat melakukan sikronisasi dengan perangkat yang kita miliki. Tetapi pastikan untuk file sensitif telah terproteksi dengan password, untuk directory tertentu bisa kita simpan dalam bentuk file terkompresi .zip atau .arj yang diberikan password.
Semua ini akan semakin memudahkan kita memastikan data yang kita simpan di berbagai media, termasuk media cloud juga aman.
Kami dalam jaringan Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (APTIKNAS) menyediakan beragam hardware backup, aplikasi backup, serta edukasi untuk menggunakan dan menyimpan data secara aman. Oleh karena itu, kami mendukung berbagai kegiatan terkait edukasi dan eksibisi untuk meningkatkan keamanan siber (Cyber Security). Salah satunya adalah kegiatan Cyber Security Indonesia (CSI) yang akan dilaksanakan awal Desember 2017. Semua ini untuk membantu masyarakat Indonesia semakin sadar dan peduli tentang mengamankan data dan privasi mereka.
Sumber: https://www.linkedin.com/pulse/bagaimana-mengamankan-data-anda-fanky-christian

Postingan Populer